logo

Etika dan Moral untuk Millenial Generation

Etika dan Moral untuk Millenial Generation dalam people development dan mempersiapkan work 4.0

Tentang Kelas ini

[DEADLINE Final Test : 22 April 2021]


Suksesnya upaya pengembangan kompetensi individu akan terjadi jika ada romantisme atau orkestrasi dari individu itu sendiri dan departemen SDM di organisasi. Departemen SDM harus memiliki peta pengembangan karir dan potensi untuk meningkatkan kemampuan tiap individu melalui berbagai macam pelatihan, dorongan dan motivasi. Pada era work 4.0 menuju society 5.0, dimana beberapa proses yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia digantikan oleh teknologi. Untuk itu, diperlukan kolaborasi antara SDM yang memiliki nilai-nilai sesuai dengan kemajuan teknologi sehingga dapat mencapai sebuah keunggulan kompetitif. Hal ini tentunya menjadi suatu kolaborasi yang unik yang didapat dari otomasi alat teknologi yang beroperasi sesuai dengan nilai dari SDM itu sendiri. Tugas para HRD dalam mengembangkan kompetensi individu mengalami pergeseran seiring perubahan jaman work 4.0 dan 5.0. Pengembangan kompetensi tidak hanya pada kemampuan hard skillnya tetapi juga softskill dengan orientasi human value atau inner life dari tiap tiap individu. Menuju Society 5.0, porsi softskill justru memiliki jumlah yang lebih banyak daripada hard skill. Selain softskills, individu harus mampu membentuk nilai-nilai dan memiliki kesejahteraan spiritual untuk mengimbangi kehidupan mereka baik ketika bekerja maupun di luar bekerja. Upaya pembentukan nilai ini dapat dibangun melalui knowledge sharing, kepercayaan maupun kolaborasi antar satu sama lain dalam mencapai masyarakat berbasis pengetahuan (Adhiatma, Fachrunnisa, et al., 2020). Sedangkan kesejahteraan spiritual dapat dicapai ketika mereka mampu memahami konsep diri, nilai serta aktualisasi diri mereka untuk menjalani kehidupan pekerjaan dan di luar pekerjaan (Fachrunnisa, Adhiatma, et al., 2020). Oleh karena itu, di era knowledge based society saat ini, pengembangan softskill berorientasi pemuliaan manusia sangat berpangeruh besar pada pencapaian kesuksesan individu yang berdampak pada kinerja organisasi. Bab ini akan menguraikan beberapa paradigma people development dalam praktek dan kebijakan SDM seiring dengan perubahan kompetensi dasar pada era Work 4.0 menuju society 5.0 yang berpusat pada kekuatan nilai manusia.

YANG AKAN KAMU PELAJARI
  • People Development

  • Career Management

  • Competence Work 4.0

Durasi

Minggu

Upaya

Jam / Minggu

Harga

Rp. 0

Bahasa

Inggris

Transkip video

Inggris

Kategori

-

Tentang Pengajar

Prof. Hj. Olivia Fachrunnisa, S.E., M.Si., Ph.D.

Dekan

Dapatkan Sertifikat Dari Kami

Dapatkan sertifikat dengan mengikuti kelas ini, sehingga portfolio dan Curicullum Vitae anda menjadi lebih bernilai. Dapatkan juga ilmu lain yang tidak akan didapatkan jika anda mengikuti kelas ini secara basic.

Choolifah School Choolifah School

Choolifah School adalah non-degree program yang merupakan inisiasi dari Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung untuk memajukan ilmu ekonomi islam kepada masyarakat luas.

Copyright 2020, Developed by Azura Labs in Semarang.

Program Kami

Learning Path

Kontak Kami

Jl. Raya Kaligawe Km.4 Semarang 50112

(024)6583584 ext 537

081329262505

fe@unissula.ac.id

Follow Us